Khataman dan Imtihan

Khataman dan Imtihan

Rabu, 17 April 2013

Tali Putri



tali putri
Obat Herbal Anti Kanker - Siapa sangka tali putri (Cassytha filiformis L) yang merupakan tanaman parasit yang biasa tumbuh diatas tanaman teh-tehan itu ternyata mengandung banyak khasiat, salah satunya memiliki kandungan zat yang bisa digunakan sebagai zat pembunuh sel kanker.
Tanaman Tali Putri sangat potensial untuk dikembangkan sebagai obat herbal anti kanker, berdasarkan sebuah penelitian, tanaman parasit ini memiliki efek sitotoksik atau bisa membunuh sel kanker. Selain memiliki kandungan zat pembunuh sel kanker, tali putri juga berkhasiat sebagai peluruh kencing (diuretik), pereda demam, anti radang, pereda nyeri dan batuk serta beberapa penyakit lain seperti sakit kuning dan disentri.
Kandungan senyawa aktif yang dimiliki tali putri memiliki efek sebagai antioksidan, relaksasi pembuluh darah dan memiliki efek antimikroba terhadap kuman gonorhe, yakni penyakit menular seksual, kuman penyebab disentri, pembesaran kelenjar limfe hingga gangguan fungsi syaraf. Selain berkhasiat terhadap berbagai penyakit dalam, tanaman tali putri juga bisa untuk mengobati penyakit luar seperti luka bakar, bisul dan eksim serta bisa juga dimanfaatkan sebagai penyubur rambut, dengan memanfaatkan kandungan lendir yang terdapat pada tanaman ini.
Beberapa hal yang perlu diwaspadai dari penggunaan tanaman tali putri sebagai obat herbal yaitu, adanya penelitian yang menyebutkan bahwa pada dosis tinggi tanaman ini dapat menyebabkan kejang yang membahayakan jiwa dan kemungkinan terjadi gangguan pembekuan darah, oleh karena itu wanita hamil sebaiknya menghindari penggunaan tanaman ini sebagai obat herbal.
Selain dosis yang harus dijaga, pemilihan tali putri untuk digunakan sebagai obat herbal pun harus diperhatikan, karena tanaman ini tumbuh di berbagai jenis tanaman lain baik yang beracun maupun tidak beracun. Tali putri yang tumbuh di tanaman beracun sama sekali tidak boleh digunakan sebagai obat herbal, karena justru dapat menyebabkan efek yang membahayakan.
Meskipun memiliki berbagai khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, penggunaan tanaman jenis ini masih memerlukan penelitian praklinik dan klinik lebih lanjut, sehingga bagaimanapun tetap berkonsultasi dengan dokter ahli merupakan pilihan yang paling bijaksana.
Cara Penggunaan Tali Putri Sebagai Obat Herbal
  1. Panas dan Gangguan Liver, Ambillah tali putri kurang lebih 60 Gr dan air secukupnya direbus sampai tersisa setengahnya, ambil air rebusan untuk dua kali minum, diminum setiap hari sampai sakitnya berkurang.
  2. Disentri, Ambil tali putri sebanyak 30 Gr dan direbus dengan air, diminum secara teratur sampai sakit berkurang.
  3. Kencing Darah, Sebanyak 90-120 Gr tali putri segar atau 15 Gr tali putri kering direbus dan seduh dengan gula merah secukupnya, diminum setiap hari secara teratur.
  4. Sakit Kuning,batuk darah,susah buang air besarsebanyak 15 – 30 Gr tali putri kering dan direbus dengan air dan diminum secara rutin.
  5. Kanker, Rebus tali putri kering 10 – 15 Gr atau 30 – 60 Gr tali putri segar dan minum air rebusan secara teratur setiap hari.
  6. Luka bakar, bisul dan eksim. Tumbuk atau giling tanaman tali putri kering hingga menjadi bubuk, berikan sedikit air dan tempelkan dibagian yang sakit.

Baca Yang Ini Juga Ya:

  1. Manfaat Daun Kelor sebagai Obat Herbal Alami
  2. Mengobati Penyakit Asam Urat dengan Ramuan Herbal
  3. Ramuan Herbal Penderita Bronkitis
  4. Manfaat dan Khasiat Temulawak
  5. Rumput Teki Mengatasi Gangguan Menstruasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...