Khataman dan Imtihan

Khataman dan Imtihan

Rabu, 17 April 2013

Manfaat dan Khasiat Kulit Buah Manggis yang Luar Biasa


manfaat kulit buah manggis
Buah manggis dengan segala manfaat yang dikandungnya
Buah manggis memang sangat enak dan kaya akan Vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Manggis merupakan salah satu buah favorit, bukan hanya penikmat buah saja yang memfavoritkannya, namun petani pun ikut-ikutan demam manggis. Di Sumatera Barat (Kabupaten Solok Selatan) buah manggis dibudidayakan dan menjadi komoditas unggulan. Bagaimana tidak, harga jual buah ini tetap stabil karena digemari banyak orang.

Bukan hanya buahnya saja yang dicari dan dinikmati, kulit buah manggis pun dimanfaatkan sebagai ramuan herbal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Konon kulit manggis ini dapat mengatasi sekitar 70 jenis gangguan kesehatan tubuh yang diantaranya adalah beberapa penyakit yang terbilang ganas. Jadi jangan heran jika sekarang banyak sekali minuman atau jus manggis yang beredar dengan membawa khasiat dan manfaat dari buah ini.

Nah, dalam kulit manggis terdapat senyawa Xanthon, yaitu antioksidan yang terdapat dalam kulit buah Manggis dengan kadar yang tinggi ini memiliki sifat yang baik dan bermanfaat bagi tubuh, seperti anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri, anti-jamur, anti-plasmodial, dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Di dalam senyawa xanthone teridentifikasi sekitar 14 jenis senyawa turunannya. Yang paling banyak terkandung dalam buah Manggis ialah kandungan alfa-mangostin dan gamma-mangostin. Berikut beberapa manfaat xanthone terhadap kesehatan
  1. Anti Oksidan (menangkal radikal bebas)
  2. Anti Virus ( membantu menyembuhkan infeksi karena Virus)
  3. Anti Jamur ( membantu menanggulangi Infeksi karena Jamur)
  4. Anti Lipidemik ( menurunkan kadar lemak dalam darah)
  5. Mengobati dan mencegah Kanker
  6. Mengobati penyakit jantung
  7. Mengobati diabetes ( menurunkan kadar gula dalam darah)
  8. Membantu mengobati kista rahim
  9. Membantu mengobati Darah tinggi
  10. Membantu sistem pencernaan
  11. Mencegah Asteoporosis
  12. Mengatasi penyumbatan dalam darah

manfaat kulit buah manggis
Buah manggis disebut juga ratu segala buah-buahan karena daging (isi) dan kulitnya mengandung manfaat yang sangat banyak dan luar biasa.

Sebenarnya manfaat dan khasiat yang terkandung pada kulit buah manggis masih banyak lagi, jangan heran jika manfaat dan khasiatnya sangatlah kaya. Itulah sebabgnya buah ini digemari dan kini banyak diproduksi menjadi berbagai produk herbal.

Anda sendiri juga dapat menikmati buah manggis dalam olahan jus, manfaat dan khasiatnya tidak akan berkurang. Apalagi anda membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini cara membuat jus kulit manggis yang sangat bermanfaat.


Cara Membuat Jus Kulit Manggis

  1. Siapkan beberapa buah manggis yang sudah masak, pilih yang berkulit mulus dan juga segar
  2. Belah dan pisahkan daging buahnya, mungkin bisa kita makan saja daging buahnya yang manis
  3. Ingat, yang akan kita gunakan adalah kulit bagian dalam dari kulit manggis, jadi keroklah secara perlahan dan jangan sampai kulit yang berwarna hitam terbawa, karena rasanya akan terasa sepat dan pahit.
  4. Setelah mendapatkan kerokan kulit manggis dari beberapa kulit manggis maka Blenderlah sampai halus.
  5. Anda bisa juga menambahkan madu, susu, gula yang sudah dilarutkan, atau gula aren sesuai selera. Blender sampai benar-benar halus dan rata. Jika terasa terlalu kental Anda bisa menambahkan sedikit air.
  6. Jus kulit manggis siap dinikmati, tambahkan sedikit es agar lebih segar & nikmat.

Selamat menikmati ;)


Sumber:Diolah dari berbagai sumber | Rating: 4.5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Edy_Hari_Yanto's  album on Photobucket