Khataman dan Imtihan

Khataman dan Imtihan

Rabu, 17 April 2013

 Temulawak 


manfaat dan khasiat temulawak
Manfaat dan khasiat temulawakTemulawak atau dalam bahasa latinnya, Curcuma Xanthorrhiza merupakan tanaman asli Indonesia. Temulawak banyak tumbuh secara liar di Indonesia dan baru digunakan sebagai obat sejak kedatangan bangsa Portugis pada abad ke-15 dan sejak itulah temulawak mulai dibudidayakan untuk digunakan sebagai obat obatan herbal.
Temulawak memiliki banyak manfaat dan khasiat, manfaat dan khasiat temulawak antara lain temulawak digunakan sebagai obat karena memiliki efek antivirus, mencegah pembengkakan hati, meningkatkan produksi cairan empedu dan mencegah terbentuknya batu empedu, mencegah jerawat, menurunkan kandungan kolesterol dalam darah dan hati serta meningkatkan nafsu makan. Selain itu, temulawak juga bisa meningkatkan produksi air susu ibu, pencernaan dan memperbaiki gangguan menstruasi.
Manfaat dan Khasiat Temulawak
1. Memperbaiki Fungsi Pencernaan
Cara: ambil 2 gram rimpang kering atau 8 gram temulawak segar. Panasi rimpang dalam suhu 90 derajat selama 15 menit. Disaring dan minum 2-3 x/hari antara waktu makan.
2. Menambah Nafsu Makan
Cara: ambil 25 gram temulawak, 10 gram asam jawa dan gula merah secukupnyarebus dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya (kurang lebih 300 cc), saring dan minum rebusan air tersebut.
3. Mengurangi Nyeri dan Radang Sendi
Cara: ambil 25 gram temulawak dan 20 gram jahe merah, rebus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan minum rebusan air tersebut.
4. Menurunkan Lemak Darah
Cara: Didihkan 25-50 gram temulawak kering bersama 200 ml air hingga tersisa 100 ml, saring dan minumlah setiap pagi dan sore.
5. Mengobati Jerawat
Cara: Cuci rimpang temulawak sebesar 1 jari dan dipotong potong seperlunya, selanjutnya direbus dalam 4 gelas air bersih sampai tersisa separuhnya. Dinginkan rebusan air tersebut, saring dan tambahkan madu lalu diminum sehari 2x sebanyak 1 gelas.
Masih banyak manfaat dan khasiat temulawak yang lainnya, oleh karena itu selain digunakan sebagai obat obatan, oleh beberapa pengusaha, tanaman jenis rimpang ini juga banyak diekspor khususnya ke negara Singapura, China dan Thailand. Selain digunakan di Indonesia, banyak negara negara lain yang juga mengimport tanaman jenis  ini dan mendapatkan banyak manfaat dan khasiat dari temulawak.

Baca Yang Ini Juga Ya:

  1. Manfaat Daun Kelor sebagai Obat Herbal Alami
  2. Tali Putri, Obat Herbal Anti Kanker
  3. Rumput Teki Mengatasi Gangguan Menstruasi
  4. Mengobati Penyakit Asam Urat dengan Ramuan Herbal
  5. 5 Manfaat Seks Selain Hasilkan Orgasme
  6. Ramuan Herbal Penderita Bronkitis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    Edy_Hari_Yanto's  album on Photobucket