Khataman dan Imtihan

Khataman dan Imtihan

Rabu, 17 April 2013

Resep Ramuan Kulit Buah Manggis untuk Obat Herbal


Ramuan Kulit Buah Manggis
Kulit buah manggis kaya akan manfaat


Buah manggis yang dijuluki ratu segala buah memang memiliki kandungan manfaat yang sangat banyak. Tak heran jika buah manggis (utamanya bagian kulit dalamnya) diolah menjadi produk kemasan yang menawarkan berbagai macam khasiat.

Namun, bagi anda yang dengan mudah mendapatkan buah manggis secara langsung, tentu lebih baik mengolahnya sendiri di rumah, lebih alami. Sebelumnya, kami telah menuliskan Manfaat dan Khasiat Buah Manggis yang Luar Biasa di blog ini. Selanjutnya, kami akan berbagi resep ramuan bagaimana mengolah buah manggis untuk mendapatkan manfaat dan khasiat yang dikandungnya.

Berikut ini beberapa Ramuan Kulit Buah Manggis untuk Obat Herbal :


Kulit buah manggis dapat memutihkan gigi

Kulit buah manggis dibakar dan ditumbuk hingga halus dan gunakan sebagai pasta gigi.


Khasiat kulit buah manggis untuk Rematik/asam urat/kanker

Kulit buah manggis diiris kecil-kecil, kemudian dijemur sampai kering. Celupkan 2-3 iris kulit buah manggis kering ke dalam 2 gelas air panas. Setelah hangat dan warna air menjadi ungu, ramuan dapat diminum. Rasanya agak sepet tapi enak.


Kulit buah manggis sebagai obat alami penyakit Disentri

Ambil kulit dari 2 buah manggis, dicuci dan dipotong-potong, lalu direbus denga 4 gelas air sampai volume tinggal setengahnya. Setelah dingin, disaring, lalu diminum dengan madu bila perlu. Minum 2 kali sehari masing-masing sebanyak 3/4 gelas.


Kulit buah manggis sebagai obat Diare

- Ambil kulit dari 2 buah manggis yang masak, dicuci dan dipotong-potong, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai volume tinggal setengahnya. Setelah dingin, disaring, kemudian diminum dengan madu seperlunya. Minum 2 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

- Cuci bersih 5 gr kulit buah manggis segar, 2 genggam daun senduduk muda yang masih segar, dan 3 lembar daun sembung segar. Rebus 1,5 gelas air besih sampai tersisa setengah gelas. Setelah dingin, disaring dan diminum untuk tiga kali. Yaitu pagi, siang dan sore.


Khasiat kulit buah manggis untuk meredakan berak berdarah

Ambil kulit manggis, cuci dan keringkan (dijemur sampai kering). Rebus bersama 5 cawan air hingga tinggal 1 cawan pekat. Minum secara teratur


Khasiat kulit buah manggis untuk mengobati pendarahan bagi wanita

Ambil kulit dari 1/2 buah manggis, rebus lalu diminum.

Gejala pendarahan pada wanita adalah sebagai berikut:
  • Keluar darah diluar haid -Darah keluar selama 1 bulan tanpa henti.
  • Keluar darah dari kemaluan setelah buang air besar.

Kulit buah manggis sebagai obat Wasir

Keringkan kulit buah delima dan kuit buah manggis, buat menjadi serbuk untuk diminum


Khasiat kulit buah manggis untuk menyembuhkan Radang Amandel


Kumpulkan kulit buah manggis yang telah masak, cuci hingga bersih, dan masukkan kedalam air mendidih. Satu buah kulit manggis direbus dengan 2 liter air. Setelah beberapa menit, angkat dan saring lalu dinginkan.

Gunakan untuk berkumur, usahakan sampai mengenai bagian amandel, tetapi jangan sampai tertelan. Ulangi beberapa kali sampai amandel tidak bengkak lagi.


Kulit buah manggis sebagai obat sariawan

Ambil kulit dari 2 buah manggis, dicuci dan dipotong-potong. Selanjutnya rebus denga 3 gelas air sampai volume tinggal setengahnya. Setelah dingin, saring dan gunakan untuk berkumur dan diminum. Lakukan 3-6 kali sehari sebanyak 2 sendok makan.


Kulit buah manggis untuk luka dan gigitan serangga

Kulit buah manggis yang telah kering ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit minyak, lalu diletakkan pada luka atau bengkak gigitan serangga.


Kulit buah manggis sebagai minuman tonik

Air rebusan kulit buah manggis digunakan sebagai minuman tonik.


Sumber: Mediaberita.net | Rating: 4.5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Edy_Hari_Yanto's  album on Photobucket